Thursday, October 6, 2011

Surat dari Inderapura

SURAT DARI INDERAPURA

140. Surat bertulisan Melayu pada kertas
Surat akan jadi ingatan Kiai Dipati Raja Muda (Pangeran?). Wakatibuhu Paduka Seri Sultan Muhammad Syah Johan Berdaulat Zille illahi fi’l’alam.
Diperbuat surat ini di Inderapura pada bulan Ramadan 23 sanah 12(4?)6 demikianlah supaya ma’lum segala tuwan2 yang melihat surat ini.
Fasal pada menyatakan patuturan dan pakaunan Yangdipertuan Inderapura dengan Kerinci. Bahwa pada awalnya adalah Yang dipertuan Berdarah Putih tetap/ di atas takhta Kerajaan pada negeri Jayapura ujung tanah Pagaruyung, serambi ‘alam Minangkabau, memerintahkan sekalian daerah Pesisir/ Barat. Pada suatu hari maka datanglah Datuk Permi Diwasa (?) dari Tapan hendak mengadap duli Yang dipertuan. Titah Yang dipertuan: “Hendaklah/ segera sia mari,”. Maka Datuk Permi Diwasa segera datang. Maka ditegur Yang dipertuan: “Apa khabar Datuk Permi Diwasa.” Sembah Permi Diwasa: “Patik/ bertemu dengan seorang manusia muara? utan sebelah Gunung Barisan ini, dia hendak mengadap duli Yang dipertuan. Adalah dia serta/ dengan patik ini, jika jadi……………………..panggil akan dia. Jika tidak patut pekerjaan patik itu, diharapkan Yang dipertuan empunya kelimpahan memberi ampun di atas batu kepala patik yang bebal ini, supaya segera patik nyehkan dia dari sini.”/ Titah Yang dipertuan: ”Panggil akan dia segera mari” Setelah itu maka orang itupun datang. Titah Yang dipertuan: ”Apa namamu dan dari/ mana kamu dantang?” Jawabnya: “Aku datang dari sebelah Gunung Barisan nama Kurinci, nama aku Raja Berkilat, dusanak aku Raja Bakawia.”/ Titah Yangdipertuan: ”Adakah negeri di sebelah Gunung Barisan ini?” Jawab Raja Berkilat:”Ada, Yang dipertuan.” Titah Yang dipertuan: ”Kalau begitu, marilah/ kita membuat sumpah setio supaya negeri kamu itu dengan negeri aku ini menjadi satu.” Jawab Raja Berkilat itu: “Tidak aku berani/ membuat sumpah setio dengan Yang dipertuan, karena aku ini suruhan orang. Adalah pertuanan aku, bergelar Raja Muda, pancarannya daripada tuan/ Perpatih S batang dari Minangkabau. Jika Yang dipertuan hendak bersumpah bersetiu, dengan beliau itulah” Maka Raja Berkilatpuan kembali/ ke Kerinci membawa khabar kepada Raja Muda. Maka berpatutanlah mufakat itu. Maka Raja Berkilatpuan merambah jalan yang semak, mengabung/ batang yang terlintang, merateh onang yang bejarahit dari Kerinci ke Dayapura, di istana Taluk Air Manis. Maka Yang dipertuan naik dari/ Japura, Raja Muda naik dari Kerinci, maka bertemulah di atas Bukit Peninjau Laut. Diperbuatlah balai panjang dua belas, yaitu/ dua belas hasta. Maka dipotonglah kerbau putih tengah dua, yaitu beranak dalam. . Dipertiga Dipertigalah kepeng yang sekepeng, diaru darah kerbau,/ dimaka dagingnya, nyawanya dipersembahkan. Kelu Gunung2 Yang dipertuan, kelu laut2 dupati, sedalam laut setinggi langit, nan tidak/ lapuk di ujan, nan tidak lakang di panas. Siapalah orang yang bersumpah? Raja Muda di Kerinci Tinggi, Dupati Rantau Telang di Kerinci/ Rendah, Siapalah yang mengarang sumpah setio? Ialah Pangeran Kebaru Di bukit, datang dari Jambi. Jadi empatlah orang yang bersumpah:/ Pertama Yangdipertuan Berdarah Putih, kedua Raja Muda, ketiga Dipati Rantau Telang, keempat Pangeran Kebaru Di bukit. Maka jadi/ lah tanah Kerinci tanah menang, yaitu tanah pertemuan raja/ antara Sultan Jambi dengan Sultan Inderapura, Jika mengadapa/ ia ke hilir jadilah beraja ke Jambi. Jika mengadap ia ke barat, ialah ke tanah Inderapura. Akan kepeng sekepeng dipertiga itu:/ sepertiganya ke pesisir balik bukit, sepertiganya ke Kubang Sungai Pagu, sepertiganya tinggal di Kerinci. Maka diguntinglah rambut/ Yang dipertuan Berdarah Putih, tinggal di Kerinci ganti batang tubuh Yang dipertuan. Dan keris malila mengaru karang setio/ yaitu Malila Panikam Batu, tatkala Yang dipertuan naik ke tanah daratan di Pulau Langka Puri, dari Gunung Gemala Rampah jadilah keris/ itu lantak tempat bergantung oleh Yang dipertuan, itupun tinggal di Kerinci akan ganti tulang belakang Yang dipertuan:/ sarungnya kembali ke Jaya-pura. Dan mangkuk tempat mengarang setio tinggal di Kerinci akan ganti mulut Yang dipertuan./ Akan Raja Berkilat itu, diberilah karunia akan dia jadi Pemangku Sukarami Hitam, karena tidak mengubah kata/ Raja Muda pertuanannya. Apalah pekerjaannya? Jalan semak dirambah, batang melintang dikabung. Jadi wa’adlah/ perjanjian itu sekiannya hendaklah dipagangkan dan diingatkan anak cucu kami.. Barang siapa mengubahkan/ dikutuk Allah dikutuk Rasulullah dan Kur'an tiga puluh juz, dikutuk karang setio, dimakan biso/ kawi, anak dikandung jadi batu padi ditanam lalang tumbuh.
/Kisah Yang dipertuan Sultan Permansyah tatkala di atas kerajaan adalah masa itu sudah pindah dari Taluk Air Manis/ kepada istana Muara Betung dan negeri Jayapura telah bertukar namanya Inderapura. Masa itu adalah seorang anak raja/dari Inderapura itu bernama Sultan Galumat. Kemudian dari pada kerajaannya telah dibuang oleh rapat menteri/ sebab tidak tertahan oleh isi negeri daripada sangat gagah dan perkasa Sultan Galumat itu di/ kira2kan orang tidak kurang di dalam empat lima hari seorang manusia mati dibunuhnya. Maka Baginda/ itu sampailah ke Kerinci pada sumah Dupati Raja Muda itu dan dipeliharanyalah seperti patut oleh Raja Muda/ itu. Dalam antara itu maka adalah Sultan Galumat berbuat taksir pula, jadi hamillah perempuan yang memelihara makannya. Kemudian maka dinikahnya, adalah sekira-kira sampar mad, maka lahirlah anak daripada perempan itu laki2 yang tiada berlainan dengan/ rupa bapanya, di belakang Sultan Galumat telah turun ke Palembang. Setelah sampai usia anak Sultan Galumat itu kira2 enam/ tahun, maka iapuan berdirilah menjadi raja Muda pula. Maka tersebut pula ihwal negeri Inderapura itu. Dengan takdir/ Allah ta’ala maka datanglah perang, jadi selisih di antara Yang dipertuan Sultan Permansyah dengan Kempani Walanda. Telah/ sampailah tiga tahuan berperang itu, maka Yang dipertuan Sultan Permansyah undurlah ke Batayan pada kampung yang empat/langgam, serta Yang dipertuan pun teringatlah akan sumpah setia yang diperbuat nenek moyang di atas Bukit Tinjau Laut./ Maka menyuruhlah Yang dipertuan ke Kerinci. Setelah itu maka turunlah Raja Muda itu duduk pada negeri Inderapura sembilan bulan sebelas hari pada tanah Batayan kampung yang/ empat langgam. Dengan takdir Allah ta’ala berhentilah peperangan itu dan amanlah negeri. Maka Yang dipertuan membaharu sumpah setio dengan Raja Muda/ itu pada hari Arba’ di atas Pulau Persumpahan, tatkala maniti di balakang buaya kumbang di kanan dimudiknya pohon telang kuning, dihilirnya/ kubangan batu berduri, didaratnya pasir genting Dusun Pasir di bawah nibung ditaku raja, supaya jadi kenyataanlah negeri Inderapura/ dangan Kerinci jadi satu. Akan Sengada tuha hulu balang itu, dibawalah serata bersumpah setio serata dikurnia memakai gelar Raja Simpang Bumi Berdarah/ Putih, sebab daripada sangat kasih Raja Muda itu, terlebih redlanya Yang dipertuan pun sangat kasih pula akan Sengada itu karena yakinnya/ memeliharakan anak Yang dipertuan Puteri Jilan serta diberilah kurnia sapucuk bedil, sebilah keris, suatu momongan serta kepeng tembaga/ kalung Puteri Jilan itu. Jadi kenyataan dia sangat berani akan jadi pagar parit Raja Muda. Dan tatkala itu bertambahlah gelar Raja Muda itu/ Baginda Raja Muda. Dengan itu dinyatakan asal-asal kedatangannya dari Inderapura turun dari Minangkabau. Yang dipertuan Sultan Permansyah dengan/ Baginda Raja Muda membaharui sumpah setio di atas Pulau Persumpahan pada hari Arba’ dua belas hari bulan Zulhijjah sanah 1022 (?) wallahu a’lam.

141. Surat bertulisan Melayu.
Bunyinya:
‘Alamat surat. Datang(?) mendapatkan kerapatan (?)dipati tiga menti yang berenam yang pegang perintah negeri Kamatan darussalam.
…………………………al Sultan Muhammad Syah Johan berdaulat Zillullahi fi-l ‘alam.
…………………………………………………Yang dipertuan Inderapura Sultan Muhammad…………Syah…………………..…………….yang disampaikan…………………………datang mendapatkan saudara kami……………..dipati tiga menteri berenam yang pegang perintah pada negeri/ Karamantan darussalam.
Waba’dahu kemudian daripada itu ma’lum (?) kiranya saudara kami………..adalah hamba? memilangkan? tentangan daripada ihwal Pemangku Sukarami/……………….adapun pada zaman berzaman turut menurut daripada nenek moyang kita belum pernah tinggal/………….sekarang dengan takdir Allah ta’ala telah dipertinggalkan Baginda Raja Muda itu oleh Pemangku Sukarami melainkan/………………………kedua pihaknya di hadapan hamba di tanah Inderapura. Pemangku Sukarami itu lapaslah sekali 2 daripada Baginda Raja Muda/……………….surat panggil terletaklah pada tanah Karamantan pada Baginda Raja Muda itu. Demikianlah takdir Allah ta’ala sudah jadi perkara/;…………………di atas kertas ini jadi tanda keterangan oleh…………/…………….Raja Muda Tuha inilah ditukar gelar Raja Pangeran dengan dibacakan fatihah tatkala mematikan kerbau seekur/ berwatas(?) di tanah Inderapura di hadapan rapat dipati empat selapan helai ka’in serta hendaklah saudara kami mengeluarkan (?)/………….itu supaya mereka itu besar kecil maingat dan mengela dia serta memberi hormat akan dia dengan sepatutnya (?) Diperbuat surat pada dua puluh hari bulan Ramadan sanah 1246.

142. Surat bertulisan Melayu.
Bunyinya menurut salinan guru Abdulhamid:
guru Abdul Hamid:
Kaulu lhakku
Inna Ilaha ‘ala yakhlifu ‘ilmi ‘ad
Bab Sultan dalam negeri Jambi bernama Seri Kadli anak Yang dipertuan di Pagaruyung adanya. Itulah mula2 jadi raja dalam negeri itu, melimpah ke hulu Jambi adanya.
Bab Sultan dalam negeri Palembang yang bernama Baginda Tuan anak Yang dipertuan di Pagaruyung jua adanya, saudara Baginda Rabi-Sammat.
Bab Sultan dalam negeri Pariaman yang bernama Sultan Maharaja Dewa, ini anak Yang dipertuan di negeri Pagaruyung jua adanya. Inilah mula2 jadi raja pada negeri itu melimpah ke Tiku dan ke Utarah.
Bab Sultan dalam negeri Inderapura yang bernama Sultan Muhammad Syah anak Yangdipertuan Pagaruyung jua adanya. Itulah mula2 jadi raja di negeri Inderapura melimpah ke Muko-muko.
Bab Sultan dalam negeri Johor yang bernama Baginda Rabi anak Yang dipertuan di Pagaruyung jua adanya. Itulah mula2 jadi raja di negeri Johor melimpah ke Langkat dan Bugis adanya.
Bab Sultan dalam negeri Sungai Pagu yang bergombak putih anak Yang dipertuan negeri Pagaruyung jua adanya. Inilah mula2 jadi raja Sungai Pagu. Ini bab Sultan dalam negeri Bantam yang bernama Sultan Majubatu anak Yang dipertuan di negeri Pagaruyung jua adanya. Inilah yang mula2 jadi raja di negeri Bantam.
Bab Sultan dalam negeri Aceh Kekara ‘Alam anak Yang dipertuan di Pagaruyung jua adanya. Inilah yang mula2 menjadi raja Aceh melimpah…………..ke Meulabuh adanya.
Ialah negeri Pagaruyung darul-‘aman lagi punya perintah dalam ‘Alam Minangkabau lagi melakukan amru bil ma’ruf wanahyu ‘amilmunkar, barang disampaikan Allah ‘azza wajalla apalah kiranya datang kepada wajah ilal ‘i ‘la, ialah segala orang gedang kami dalam daerah negeri Kerinci. Seperti larangan Allah subhanahu wata’ala sabung dengan minum tuak dan arak, hendaklah dihentikan adanya. Kemudian daripada itu akan titah kami kepada kerapatan segala penghulu adanya: seperti menyembah berhala, dan menghukum dengan tiada sebenarnya, seperti bernyanyi dengan taruh hendaklah pula adanya. Karena itulah larangan besar kepada Allah ‘azza wajalla. Sekarang mufakat teguh2 segala orang besar kami seperti memakan buntang kerbau mati tiada bersembelihan jangan dimakan. Itulah nejis yang terlebih haram seboleh-boleh kehendak kami adanya. Dahulu Allah, kemudian Muhammad, jangan syak pada kata ini.
Alhamdulillahi (puji2an ‘Arab). Seperti firman Allah ta’ala dalam Kuran (55:1-4) al-Ramani ‘allama l-Kur’āna khālaka l-‘insāna ‘allamahu l-baiyāna l-shamsu walkamaru bihusbānin Maka diturunkan Allah ta’ala raja ialah belum turun ke dunia lagi di awang ginawang. Maka firman Allah ta’ala (51:56) khalaktu l-jinna wal ‘insa. Maka dijadikan Allah ta’ala jin dan manusia, maka diturunkan Allah ta’ala seekor burung lagi pandai berkata2; pada masa itu mencari tanah tanah daratan ialah yang bernama Pulau Langkat Puri antara Palembang dengan Jambi. Seorang bernama Simaharajo Alif, seorang bernama Simaharajo Dipang, seorang bernama Simaharajo Dirajo. ialah anak cucu raja Iskandar Zulkarnami Khalifati illahi fil’alam Johan berdaulat ba’na yati llah(?) sallamahu ‘ala ddawam dibarakati Saidina Muhammad………..ya rabbal ‘alamin. Maka bertiuplah angin nafas arrahman dari pihak tanam-tanaman daripada surga janatu-lfirdaus. Maka terkibarlah bau yang harum nur zat yang asali, terbukalah samar pohon kalbi yang hakiki terlebihlah daripada cahaya bulan dan matahari ialah………….mangkota yang dikurniakan Tuhan daripada dalam surga cahaya sepenuh ’alam. Ialah Sultan yang menaruh Pagarruyung darul ‘aman, ialah bulan yang menaruh kayu kamah, dibahagi tiga dengan Raja Rum, dengan Raja Cina, ialah Sultan yang menaruh mas jatah jati patah dalak pandagangnya, ialah Sultan yang menaruh tenun sengsat kala lakang sekali setahun yang berambai-rambaikan mutiara (?) bertatahkan ratna mutu manikam, ialah sultan yang menaruh curik cumadang giri sumbing seratus sembilan puluh pemancung seketimuna, ialah sultan yang menaruh paduka cati, ialah sultan yang menaruh mungmung jajatan buninya dari kanan bunyi orang menaikan sembah, dari kiri bunyi orang memohonkan titah, ialah sultan yang menaruhkan keris pijaran gidang, ialah sultan yang menaruh kerbau benua sati, ialah sultan yang menaruh ayam biring sangka nani, ialah sultan yang menaruh kuda sengberani, ialah sultan yang menaruh gunung berapi sendirinya, ialah sultan yang menaruh laut tawar sehari pelayaran, ialah sultan yang menaruh perindu tempat segala burung lekar mata, ialah sultan yang menaruh bunga seri menceri, ialah sultan yang menaruh bunga cempaka kembang biru, ialah sultan yang menaruh tiang balai teras jelatang, ialah sultan yang menaruh bukit kembak lantai batu, ialah sultan yang menaruh gunung besi tempat raja mi’raj ke gunung berapi, ialah sultan yang menaruh lapik daun ilalang, ialah sultan yang menaruh sungai mas airnya bunga, ialah sultan yang menaruh lenggundi hitam, ialah sultan yang menaruh samar kantang amin ya rabba-l ‘alamin. Itulah kebesaran dan kemuliaan turun temurun kepada anak cucunya sekarang kini ada jua.
‘Alamat surat titah daulat Yang dipertuan setia minal wajhi al’aliyulkarim, ialah anak cucu di dalam daerah alam Kerinci adanya. Amma ba’du, adapun kemudian daripada itu akan keadaan titah kami, ialah hendak memberi kurnia izin yang mutalak dunia akhirat adanya seperti katanya wakil kami Haji Abdulgani yang bebetulan syara ‘ hendaklah di ‘amalkan dengan kerapatan segala orang besar2 kami laki2 dengan perempuan semuanya. Syahadan sekali lagi titah kami kepada segala kerapatan penghulu yang punya perintah dalam daerah negeri Kerinci, hendaklah mufakat baik2 semuanya, seperti me’amalkan ‘amal kebajikan seperti mengasih sekalian ra’yat isi negeri segala laki2 dan perempuan seperti sembahyang lima waktu hendaklah dikerjakan ber-sama2. Itulah ‘amal yang terlebih ‘afdal pada Tuhan ‘azza wajalla, dahulu Allah kemudian Muhammad jangan syak segala anak cucu kami serta kerapatan segala penghulu pada surat titah kami ini. Hubaya2 hendaklah dipegang teguh2 karena kamu sudahlah membuangkan ‘adat yang tiada berbetulan dengan kitabullah seperti ‘adat kamu sekarang, ialah mengasih sekalian ra’yat semunya seperti beramal memuji Allah subhanahu wata’ala.
Jikalau ada mudah-mudahan Allah ‘azza wajalla dikurniakan Tuhan rezeki yang tiada berkeputusan adanya. Jikalau tiada percaya orang besar2 kamu pada surat titah kami tiadalah kami reda dunia akhirat. Kami pulangkan kepada sumpah setia bisa kawi ninik muyang yang sudah marhum adanya. Intaha Ikalamu bilkhairi wal ayyam.
Alkisah kasira kaulana kepada segala anak cucu kami serta kerapatan segala orang besar2 kami serta ulama dan pukaha serta imam dan khatib seperti sembahyang lima waktu jangan ditinggalkan, demikian pula sembahyang Jum’at. Sekarang hendaklah dikerjakan sama2 laki2 dan perempuan seperti ‘idah dan thalak hendaklah dipelihara baik2. Seperti arta yang punya milik nisabnya serta emas dan perak, beras padi hendaklah dikeluarkan kepada fakir dan miskin, itulah hutang kita kepada Allah subhanahu yang terlebih berat adanya.

143. Buku kecil bertulisan Melayu, berisi tembo.
Satu halaman saja digambar, itupun kurang terang. Lihat gambar No. 62. Salinan buku itu (diperbuat oleh Gr. Abdul Hamid).
Bismillahirrahmanirrahim
Bab inilah fasal pada menyatakan turun nenek Indar Bayang, turun dari negeri Koto Batu bapagaruyung, ia hendak menjalang luak Kunci (maksudnya: Kincai = Kerinci) Sungai Kunci, maka didaki gunung Senggalang, lepas dari gunong itu didaki pula gunung Berapi, lepas dari gunung itu didaki pula gunung Saga, tetapat di Pariang Padang Panjang. Maka dia tempuh Pariang Padang Panjang, maka dia ruang rimba yang dalam, dia turun pematang panjang, tetapat di rojung tanjung babunga mas, dia hendak naki pula gunung Jelatang, maka dia daki gunung Jelatang, berapa lama, dua kali tujuh hari, maka sampailah di puncak gunung Jelatang, maka bertemu bidadari, turun datang langit yang ketujuh. Muka dia bawa balik kerujung tanjung babunga mas maka nikah nenek Indar Bayang dengan bidadari, maka bergelar Dayang Seti Penghulu ‘Alam. Maka beranak empat orang, pertama dayang Seti Malin ‘Alam, dua Bujang Pariang, tiga Bujang Hiang, empat Seteri Mato, yaitu Bujang Hiang balik ke batang Bunga, bertempat di tanah abang, Bujang Pariang di Iyang, Seteri Mato. Dayang Seti Malin ‘Alam beranak lima orang. Pertama laki2 bernama Malin Dima, perempuan empat orang, pertama Sejatah, dua Dayang Ruani, tiga Dayang Indah, empat Dayang Ramayang, maka jadi lima orang dengan Malin Dima. Dayang Ruani balik keantau maju ialah itu nenek Pangeran di Jambi. Dayang Ramayang balik ke Kuta Tebat. Dayang Indah Muka beranak lima orang, pertama Dipati Batu Hampar, dua Dayang Mendayu, tiga Dayang Bunga ‘Alam, empat Dayang Padang, lima Dayang Marani. Dayang Mendayu balik ke gunung Urai, itulah nenek Dipati Mendaro Langkat itu adanya. Kemudian hamillah Sejatah dengan ditakdirkan Allah ta’ala, maka hamillah Sejatah, jadi hendak dibunuh oleh Depati Hampar. Jadi berkatalah anak Sejatah dalam kalbu ibunya: Jangan dibunuh Sejatah. Kemudian maka lahirlah anaknya Sejatah itu. Maka kemudian bernama Sejatah rupa besusu tung-tunggang, kemudian maka bernama Dipati Iang Tunggang, ialah itu anak nenek Indar Jati adanya. Kemudian maka turun pula nenek Siak Raja ke ‘alam Kerinci, dia menurut mamak dia nenek Indar Bayang, turun dari negeri Kuto Batu Bapagaruyung. Adapun nenek Siak Raja anak Datuk Mahatamat dengan Puti Bunga Putih adanya. Maka turun nenek Siak Raja, dua nenek Raja Bujang, tiga German Besi, empat Ki Mingin Gedang hidung. Raja Bujang jadi hulubalang dia, German Besi dua dengan Kamingin Gedang Hidung jadi orang perintahan dia. Jadi maka dia tempuh pula Pariang Padang Panjang, maka dia ruang rimba yang dalam, maka dia turun pematang panjang, maka tetapat pula dirujung tanjung bunga mas. Maka bertemu dengan mamak dia nenek Indar Bayang dirujung tanjung babunga mas. Jadi dia hendak naki pula Gunung Jelatang, nenek Siak Raja, maka dia daki gunung Jelatang, maka sampai ke puncak gunung itu, maka dia dapat batang langgiang segedang gendang, maka dia bawa balik kerujung tanjung babunga mas, maka dia jadi akan gendang, maka bergelar Kuta Jelatang. Kemudian maka nikah nenek Siak Raja dengan nenek Dayang Bunga Alang, kemudian maka disuruh dinenek Indar Bayang dia balik ke Tanjung Banio Kemantang Penawar Tinggi. Jadi maka bersiaplah nenek Siak Raja, maka baliklah nenek Siak Raja serta dengan perempuan dia, serta dengan ra’yat dia tiga orang, empat dengan dia, lima dengan perempuan dia. Kemudian maka dia mudik akan batang Sangke, dia turun pula Pematang Panjang, maka tetapat di Tanjung Banto Kemantang Penawar Tinggi itulah adanya. Kemudian maka beranak nenek Siak Raja empat orang lima dengan Raja Bujang. Pertama Raja Bujang, kedua dengan Raja Genti, tiga Patih Nyadi, empat Sungai Teman. Lima Seri Bunga Padi. Raja Bujang balik ke Kuta Rawang, nikah dengan nenek Salih Pingat, muka dapat anak tiga orang; pertama nenek Baco, dua nenek Tiku, tiga nenek Bulan. Nenek Tiku, nenek Bulan balik mudik Kemantan Penawar Tinggi. Nenek Baco tinggal di kuta Rawang Kampung Dalam. Nenek Rajo Genti dengan Patih Nyadi balik ke dusun Tinggi. Nenek Sungai Teman tunggu dusun Tanjung Melako Kecik. Nenek Seri Bunga Padi balik ke Sungai Tutung dusun bertangga manik, nikah dengan nenek Ji. Adapun nenek Ji itu datang Tamiai. Adapun nenek Raja Genti beranak tiga orang, pertama nenek Madang, dua nenek Pingat, nenek Dipati Kemulo Rajo. Adapun nenek Dipati Raja Palimo nenek Dipati Talu Bumi. Adapun nenek Patih Nyadi beranak empat orang: pertama nenek Cempu, dua nenek Santi, tiga nenek Senang, empat nenek Simat. Nenek Simat balik ke Tebat Ijuk itulah adanya.
Bab ini pada menyatalan turun nenek Salih Kuning Indah Ny Nyato dua beranak dengan Rio Lamenang turun datang negeri Kuto Batu Bapagaruyung. Dia hendak mengadapkan tombak nenek Siak Raja. Lah tinggal di negeri dia turun ke ‘Alam Kerinci. Nenek Salih Kuning Indah Nyato berapa dia serempak turun; pertama Rio Lamenang, dua berinduk dengan Salih Kuning Indah Nyato, tiga dengan Intan Pemato, empat Lintang Pemato, lima Mangkudun Sati. Rio Lamenang membawa tombak turun datang negeri Kuto Batu Bapagaruyung, maka dia tempuh Pariang Padang Panjang, diruan rimba yang dalam, dia turun Pematang Panjang, maka tetepat Kuto Jelatang, maka dia tanyo akan pada nenek Indar Bayang, hapa kata nenek Salih Kuning Indah Nyato, di mana dia nusanak aku nama Siak Raja, aku hendak mengadapkan akan tombak kepada dia. Apa kata nenek Indar Layang, Siak Raja lah pulang ke Tanjung Banio, Rio Lamenang balik ke Pangkalan Jambu. Intan Pemato balik ke Koto Pandan, ialah nenek Siak Langis. Lintang Pemato balik ke koto Baringin, Mangkudun Sati balik ke Kuto Limau Sering itulah adanya.
Kemudian maka turun pula nenek Datuk Temenggungan du dengan nenek Perpatih Sebatang datang negeri Kuto Batu Bapagaruyung ke ‘Alam Kerinci. Maka dia tempuh Pariang Padang Panjang, maka diruan rimba yang dalam, maka diturun pematang panjang, maka tetapat Batang Sangke, maka dijejak Batang Sangke dengan masgul, maka bernamalah Batang Hiang. Jadi Pariang Padang Panjang negeri yang diturun ke ‘Alam Kerinci. Maka dia hendak menghukumkan menga ‘adatkan ‘Alam Kerinci. Manalah hukum dia nenek Perpatih Sebatang. Salah pauk dipampas, salah bunuh dibangun, babini ngulak dengan jantan bayar sako mahar, kok ngulak dengan perempuan tertulak purbakala. Undang2 balik ke Minangkabau, teliti balik ke Jambi. Apalah tinggal hendak dipati empat, emas yang seemas tinggal hendak dipati empat. Adapun jadi pake emas yang samas, kusut2 diusainya, silang2 bapatut, keruh2 bejernih, sarang2 bebagih, rangkang2 besusun, lapuk2 dibarui, kuman disesah. Kok lah terjun dipernaik, jikalau salah baliat, jikalau benar bajingok. Itulah yang dikatakan emas yang seamas. Kemudian maka hilir nenek Perpatih Sebatang pake Jambi hendak menyancar pantak, maka bertemulah dengan Pangeran Temenggung, maka nenek Perpatih Sebatang menyancar pantak, maka dia bawalah pantak yang selapan belas, didilir sejak ditepat pulau tiung, dimudik sejak digading terentak gunung berapi. Maka naiklah Pangeran Temenggung hendak mengukur akan gabung tanah. Maka dia bawa tali empat belas tukal, muwa kain panjang selapan. Didilir jak tetepat pulau tiung, dimudik jak gunung berapi gading terentak. Dapatlah tanah empat belas gabung di ‘Alam Kerinci, terentak. Dapatlah tanah empat belas gabung di ‘Alam Kerinci, bernama dipati empat delapan helai kain itulah adanya.
Bab ini fasal daripada menyatakan nenek Seteri Mato hendak menurut Bujang Hiang ke Batang Bungo, maka dilepaslah kancil: hai, kancil, pergi tengok Bujang Hiang di Batang Bungo. Maka berjalanlah kancil. Tiba di Batang Bunga, Bujang Hiang lagi menarah, maka duduk kancil dari belakang. Jadi terpancung beliung. Maka dilihat di Bujang Hiang, kik, kancil sudah mati. Jadi diambillah tanduk kancil itu, maka ditaruh. Kemudian tiba pula Seteri Mato nurut kancil, didapatlah kancil sudah mati. Maka disuruh Bujang Hiang balik ke Kerinci, dia tidak mau. Maka baliklah Seteri Mato, maka dia bawa tanduk kancil. Maka baliklah Seteri Mato tiba di Bukit jalan ke Tebo. Maka bertemu dengan patih tujuh, jadi dia mau tanduk kancil, jadi dapat dibawa patih tujuh. Seteri Mato tinggal pendung. Tanduk kancil dibawa dipati tujuh. Kemudian maka adalah nenek Sungai Temam tahu, jadi dia ambil tanduk kancil adanya.
Inilah fasal menyatakan perjalanan nenek Sungai Tenang. Dia hendak menghadap ke tanah Jambi. Maka tiba Sungai Tenang. Dia membawa tanduk kancil melalui jalan Serampeh Sungai Tenang, maka bermalam di Sungai Tenang. Maka dilibelah tanduk kancil dengan tanduk kijang berjipang tujuh. Tanduk kancil tinggal di Sungai Tenang, tanduk kijang berjipang tujuh dibawa berjalan ke Jambi. Maka didaki bukit Kanujo, turun di bukit Kanujo tetepat di Batang Surulangun. Maka dia bena cerapung, sudah cerapung, maka dia ilirkan Batang Surulangun, maka tetepat di Batang Hari. Diilirkan pula Batang Hari, maka tetepat ketepian Rajo, maka bertemu dengan orang tuo seorang dari tepian rajo itu. Maka berkata nenek Sungai Tenang, apalah kata dia. Hai, kepada orang tuo, hai orang tuo, mintak tanyo akan kepada rajo, ada orang Kerinci seorang, hendak numpang bermalam ke rumah raja, ada akan bulih, ada akan tidak, jikalau nulih katakan bulih, jikalau tidak katakan tidak.
Maka berjalanlah orang tua itu, maka sampailah ke rumah raja itu, maka berkatalah orang tua itu, apalah kata dia. Hai, rajo, ada orang Kerinci seorang di tepian. Dia hendak numpang bermalam ke rumah raja, adakah boleh orang bermalam, adakah tidak? Maka berkatalah raja itu kepada orang tua itu: apalah kata raja. Di mana boleh orang Kerinci hendak bermalam, tidak boleh, tidak ajin ndak kolo2 orang Kerinci turun ke Jambi, melainkan orang Jambi naik ke ‘Alam Kerinci. Tidak bulih katakan kepada orang Kerinci. Tidak bulih orang Kerinci hendak bermalam. Maka berbalik pula orang tua itu ke tapian. Maka berkata pula orang tua itu kepada nenek Sungai Tenang; hai, orang Kerinci, tidak bulih kata rajo. Jadi maka tepekur dia dari tepian raja itu, dia menanti waktu magrib, dapat waktu magrib maka banglah nenek Sungai Tenang. Bunyi2 satu kali merato di bumi, satu kali di awang2, satu kali sampai ke langit yang ketujuh, dia bang di tepian. Maka berkata raja itu kepada seorang orang tua; siapa yang bang itu, bunyi dari tepian? Kata orang tua ialah itu orang Kerinci. Apalah kata raja kepada orang tua; hai orang tua kata rajo, orang tua pergi jeput orang Kerinci, bawa ke rumah. Maka berjalanlah orang tua ngusi orang Kerinci. Apalah kata orang tua; hai orang Kerinci, kata orang tua, hamba disuruh dirajo membawa orang Kerinci naik ke rumah rajo. Maka berjalanlah orang Kerinci ber-sama2 dengan orang tua naik ke rumah rajo itu. Maka ditepat rumah rajo itu, maka terpekurlah di rumah raja, yaitu maka berkatalah raja kepada orang Kerinci. Apa kata raja: Apa sebab orang Kerinci ta’ ajin tak kala2 turun ke Jambi. Maka berkatalah nenek Sungai Tenang kepada raja: sebab hamba turun ke Jambi hamba hendak menedu pusaka, hendaklah barimpun raja yang betigo: Pertama Pangeran Pendek, kedua Pangeran Buwih Sawi, ketiga Pangeran Gadis. Pangeran Pendek ngadakan kelambu, payung satu kaki. Pangeran Buwih Sawi ngadakan lapik utan, Pangeran Gadis ngadakan piagam. Yaitu maka bergelar nenek Sungai Tenang gelar Dipati Sangkar Bulan Nyalo Bumi, ia pengeran yang bertiga, tanduk kijang tinggal di Jambi, jadi akan tando pangeran naik ke ‘Alam Kerinci. Jikalau tidak dibawa tanduk kijang apabila Pangeran hendak naik ke ‘Alam Kerinci, yaitu bukan Pangeran. Yaitu maka pulang nenek Dipati Sangkar Bulan Nyalo Bumi naik ke Kerinci jadi Rajo Mudo dengan Dipati Sangkar Bulan orang bedua jadi seorang.
Fasal daripada nenek Dipati Sangkar Bulan nikah dengan nenek Ramayan di kuta Tebat, maka beranak tiga orang, pertama Dayang Padang, kedua nenek……………tiga Patih Agung Semung. Dayang Padang balik ke Kuto Padang, nenek Rio ialah nenek Dipati Setuwung. Nenek Dipati Semum balik mudik. Mati/ Dayang Ramayan, maka balik nenek Dipati Sangkar Bulan ke dusun Tanjung. Kemudian nikah nenek Dipati Sangkar Bulan dengan Dayang Payang Malia ‘Alam orang Kuto Kepayang, maka dia bawa balik ke dusun Tanjung, maka beranak orang lima. Pertama Mit Dingin, dua Salih Kuning Lipat Kain, tiga Salih Kuning Nyato ‘Alam, empat Salih Kuning Kunci ‘Alam, lima Salih Kuning Bunga Padi. Mih Dingin balik ke dusun Sekandung nikah dengan Mayang; Salih Kuning Nyato ‘Alam nikah dengan Pati Muda Kunci. (Kincai?) Salih Kuning Kunci ‘Alam nikah dengan nenek Malin Kiwai. Salih Kuning Lipat Kain nikah dengan Dipati Agung Semum.
Inilah fasal pada menyatakan Patih Agung Semum Panjang Rambut, yaitu tiga beradik, pertama Bujang Bentang, dua Ampar Besi, tiga Penghulu Bisa. Nenek Penghulu Bisa jadi Nenek Penghulu Bisa jadi imo putih. Adapun Bujang Bentang berempat di Pengasi, di atas lubuk kenung. Nenek Hampar Besi ialah itu nenek Pati Agung Semum Panjang Rambut. Tatkala masa itu nenek Sipati Setuweo dia didenda raja, sebab dia mengatakan tengkurak pandai berkata dalam kubur, jadi tedenda beliau itu dengan mas selesung pesuk, selengan baju panjang, seruas telang rimbo sekuning lembio. Nempuhlah nenek Hampar Besi, maka dia bawa orang ke dalam negeri, maka dia suruh menalak kerbau jantan, maka dia pehit akan tanduknya, maknya badu, maka dia sekekeslah kerbau itu, jadi kelikinya gelang eamas, jadi talinya candek, awaknya dipalut dengan lembenak, ekornya dikembang dengan suto, muka diberi berami-rami dengan gento bergiring jadi gentinya baju, tuak bakebuk, manis babuluh, nasi baambung, gulai babakung, pinang batanduk, sirih badagang, kalapa beratali, ketutu tigo gayo, ketitir panjang ranto, puyuh panjang dengung, ayam sibar ekor, maka diiritlah kerbau itu serta bunyi2-an maka diperhadapkan persembah kepada Pangeran. Tatkala masa itu maka bergelar Patih Agung Semum, balipuh di bawah daguk raja. Tatkala masa itu bergelar Dipati Setuwu, sebab tauwo matanya menangis. Maka Patih Agung Semum balik mudik, Patih Setuwu tinggal di Kuto Tebat. Pati Agung Semum balik dusun Tanjung Melako Kecik, maka nikah dengan nenek Salih Kuning anak nenek Dipati Sangkar Bulan Nyalo Bumi. Nenek Salih Nyato ‘Alam nikah dengan nenek Patih Mudo Kunci. Nenek Salih Kunci ‘Alam nikah dengan nenek Malin Kiwi. Adapun nenek Dipati Agung Semum beranak dua orang, pertama nenek Agung Semum Awal Malilo, dua Patih Basemun Panjang Rambut. Adapun Patih Agung Semum Awal Malilo balik keluak Batu Asah. Patih Basemun Panjang Rambut bertempat di tengah negeri dusun Tanjung Melako Kecik itulah adanya.
Fasal ini pada menyatakan nenek Mayang pangkal dia datang pulau Tengah, balik Kemantan Penawar Tinggi. Tiba Kemantan nikah dengan Mas Dingin, maka dia bawa balik dusun Sekandung, kemudian nenek Mayang hendak menjalang utang tanah, maka berjejak dari dusun Sekandung, datang dari dusun Sekandung lalu ke Medang Burung. Lepas di Medan Burung lalu ke Balam Pendek, lepas di Balam Pendek lalu pula ke Titin Teras, lepas di Titin Teras lalu pula ke Sungai Tutung. Maka dimudikkan pula itu, lalu pula ke Kuto Jelmu Salang ketapan belantak besi, lepas di salang ketapan belantak besi dikelembahkan pula itu impah ke sungai Paku, maro air burung terung mati. Lepas di Sungai Paku lalu pula ke tanah Lekuk Darat Kubang. Lepas di tanah Lekuk, lalu pula ke Bintung begunting di ilir Tebat Ijuk, maka bertemu dengan Awal Malilo di Bintung Gunting, itulah akan jadi pantak dengan Awal Malilo. Lepas di Bintung Begunting dimudikkan pula Batang Malao, bertemu pula dengan Rio Caya Kakasigi, antara Kuto Mjidin dengan Kuto Baru Semurup. Maka dikedaratkan pula itu, lalu pula ke bukit tapis, tiba dia di bukit tapis dia ilirkan pula itu ke Sungai Delas. Maka bertemu pula dengan nenek Siak Rajo di Sungai Delas. Maka dia usung utang tanah, maka dia sukat bagi yang berempat, hingga sungai Delas mudik, itulah bagi yang berempat. Lepas dari itu tetap Patih ‘Adil Bicara dua dengan Menang Bumi tiga dengan Patih Basemun itulah adanya. Nenek Mayang dinikah dinenek Siak Rajo dengan Mas Dingin anak nenek Dipati Sangkar Bulan. Maka dia bawa balik ke dusun sekandung. Kemudian maka mudik nenek Dayang datang Pulau Tengah dia hendak menurut anak dia nenek Mayang, lah dahulu ke Kemantang, didapat alah sudah nikah, alah berutang betanah di Kemantang, alah beranak pula dia di situ di Kemantang. Anak dia maka bergelar Dara Mantan, maka nikah pula Dara Mantan dengan Awal Malilo, maka beranak lima orang; pertama Makimpang, dua Temenggung gelar Menti Agung, tiga Lilo Mangin, empat Seri Malin Bilal. Datuk Makimpang balik ke Kemantan, nikah dengan anak Patih ‘Adil Bicara, maka jadi nenek Hitam. Kemudian amaka mufakat nenek Siak Ajo sama2 Mayang fasal daripada utang tanah. Maka disukatlah bagi yang berempat, jak di Sungai Delar mudik, itulah bagi yang berempat: Pertama Menti Agung, dua Datuk Orang Kayo Tengah, tiga Rio Pengagung, empat Rio Bigo, ialah itu dikatakan orang yang berempat, itulah baginya. Lepas dari itu tanah Patih ‘Adil Rio Menang Bumi Ajo Lamayang, tiga Patih Agusemun.
Fasal utang tanah jikalau di bangku orang, maka bedapati di Sungai Delas, maka bertemu dengan Patih ‘Adil Bicara, dua Rio Menang Bumi, tigo Rajo Namiang dan menentukan pertemu utang tanah. Maka berkacaulah karang setianya. Dan jika dibelah dibakung orang yang didilir Rio Menang Bumi menukung penukung pantak. Patih ‘Adil Bicara teleka dukung, jikalau siring yang di darat dibangkung orang Patih ‘Adil Bicara menukung pantak. Rio Menang Bumi dengan Raja Nama yang teleka dukung sama2 bersirih sama2 bepinang, itulah buatan Siak Rajo sama2 dengan Mayang, tidak boleh diubahkan sebablah sudah dengan karang setianya.
Inilah hazarat hadiah kitab dia punya tulisan Imam Kari Ma’umin di kampungnya mukim dua belas dalam negeri dusun Air Angat. Sekarang anak betina kita tiga lurah, menteri yang berenam pertemu raja dengan kadli di rumah gedang tiga lurah menteri yang berenam, mempertemukan akan menghukum ‘adat itu dengan hukum kitab Allah. Dibuat tembo gedang Siak Rajo di sinilah Rajo dengan kadli, berapatupkan hukum ‘adat dengan hukum kitab Allah yang se-benar2nya itulah adanya.
Adapun yang bersalahan pada ‘adat itu dua belas perkaranya, melainkan kembali juga kepada menterinya dan serta raja menghukumkan yang sebenarnya. Tetapi jika tampak tandonya dan apabila tidak ditimbangnya matilah hukumnya. Dan lagi seperti kata Kur'an: Inni jai’lun fil’ardi khalifatan, artinya, maka aku pedirikan raja di atas dunia ini, mengerjakan suruh menghentikan tegah, dan menghukumkan yang se-benar2nya. Dan lagi seperti hadis Nabi:Wama lam yahkumu bima ‘anzala llah fa’ulaika humu lkafirun, barang siapa menghukum akan tidak se-benar2 hukum maka yaitu kafir. Bermula cencang itu dua perkara: pertama cencang besi tidak meluka, dan dua cencang besi meluka. Adapun cencang jari nan empat perkara: pertama-tama bantal dan kedua bantas ketiga ramuk, keempat telelah. Adapun bantal tampak kulitnya yang kena palu daripada yang tidak kena. Adapun bantas ruang bantas kulit yang kena palu daripada yang tidak kena. Adapun yang telelah berdarah di dalam kulit yang kena palu, dipampas lima kupang. Dan adapun rupa balu bantal bantas itu setengah tiga emas, dan apabila lebih daripada lima emas, kemudian daripada itu samu maka sepuluh emas.
Bermula rupa cencang besi sepuluh perkara. Adapun yang pertama-tama carik kulit dan kedua merah kulit dan ketiga pindah darah daripada kulit daripada yang luka, dan yang keempat masuk pada setengah daing, yang kelima lalu ketulang-patah2 dan keenam putus2 tulang, ketujuh belah2 tulang dan kedelapan memecahkan tulang dan berpindah dari pada tempatnya, kesimbilan lalu ketulang itu memusah namanya dan pampas setahil sepaho hukumnya.
Bermula rupa bunuh itu tiga perkara: per-tama2 dipalunya dengan besi yang tajam, dan kedua tidak tajam dan ketiga dibunuh dengan yang membunuh. Dan lagi seperti kata hadis Nabi: Wala tukadiru tukaddimu kitabih. Bermula takdir itu tidak dapat diketahuikan, melainkan Allah ta’ala yang mengetahuinya. Dan apabila tapalu dimanusia yang tidak disengajanya demikian juga hukumnya.
Dan bermula samun saka itu tiga perkaranya: per-tama2 samun nyawa dan kedua samun harata dan ketiga samun suri.
Inilah suatu fasal pada menyatakan hadiah nyawa laki2 seratus empat puluh dua tahil delapan emas. Adapun hadiah nyawa perempuan itu dua ratus dua puluh dua belas tahil delapan emas.
Bermula yang dikatakan undang2 yang dua belas itu, per-tama2 samun saka, upasa racun dan ketiga sumbang salah dan keempat daga dagih sio bakar, lima perkara dan keenam tikam bunuh dan ketujuh malin curi dan kedelapan ginjang ginjah dan kesembilan rambut rampas dan kesepuluh menjabat anak isteri orang, kerbau masuk kampung orang dan kesebelas minum makan dalam ke’abah. Itulah yang dikatakan undang2 yang dua belas, keluar daripada menahajah nama kitabnya.
Bab inilah suatu fasal menyatakan hukum yang dua lapan perkara: pertama hukum raja dan dua hukum perpatih dan ketiga hukum saudagar, keempat hukum biaperi dan kelima hukum ‘akal, keenam hukum ‘adat dan ketujuh hukum kitabullah dan kedua lapan hukum Allah.
Adapun yang dikatakan hukum Allah lima belas perkaranya. Pertama-tama awal, kedua akhir, ketiga dahir dan keempat bathin dan kelima siang, keenam malam, ketujuh langit kedulapan bumi kesembilan lafal kesepuluh ma’ana kesebelas dalil kedua belas tubuh ketiga belas nyawa, keempat belas nama tuhan kelima belas hambanya rasulu minallahi rrasuluminannabi usul daripada asal daripada nabi. Adapun yang dikatakan raja itu menghukum akan hukum yang se-benar2 hukum seperti kata Kur'an : Jasabi ja’ilun fi l’ardi khalifatan, maka aku dirikan raja di atas dunia ini mengerjakan suruh menghentikan ia akan tegah. Adapun hukum ‘akal itu tiga perkara: pertama-tama wajib pada akal salahnya, kedua mustahil pada akal salahnya, ketiga ja’iz pada ‘akal salahnya. Adapun hukum adat itu tiga perkara: pertama bina, kedua nyato, ketiga salahnya. Adapun hukum kitabullah itu dua perkara: pertama-tama bab dan kedua fasal. Adapun hukum yang sebenar-benarnya itu dua perkara: per-tama2 kitab Allah dan kedua ‘adat Allah. Adapun pingkat salah itu lima perkara: pertama-tama salah kaki, kedua salah tangan, ketiga salah mulut, keempat salah telinga, kelima salah tertibnya. Bermula salah kaki kembali, salah tangan wajib berutang, salah mulut serta hati wajib tobat, salah telinga serta salah tertib serta mulut wajib utang padanya itulah yang dimaatammatkan hukum kitab dan hukum adat dan hukum ‘akal yang sempurna hukumnya. Inilah hukum yang tiga perkara: pertama hukum ‘akal, kedua hukum kitab Allah dan ketiga hukum adat. Dan jikalau bersalahan hukum ‘akal kembali kepada hukum adat dan jikalau bersalahan hukum adat kembali kepada hukum kitab Allah.
Bab Kitab Allah. Fasal kata Nabi: adapun hukum raja itu dua martabatnya. Adapun seperti bumi dan langit, adakah bercerai keduanya? Awal dan akhir adakah bercerai keduanya?Adapun surga dan neraka adakah bercerai kedoanya? Siang dengan malam adakah bercerai keduanya? Lafal dengan Ma’nanya adakah bercerai keduanya? Adapun hukum ‘akal itu………………………
sumbangan:Puspa Hendri,PENCINTA ADAT KERINCI

No comments: